PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER BAGI KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK

Ermidawati, (2011) PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER BAGI KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Warta (1). pp. 19-23. ISSN 0854-1574

[img]
Preview
Text
Cover,FullText.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidkan berbasis karakter menginditifikasikan adanya gejala yang ada pada lapisan masyarakat secara holistic yang heterogen baik dari dari segi budaya, agama, ahlak dan budi pekerti mulai bergeser. Pendidikan karakter memerlukan adanya suatu dorongan yang mengarah pada satu asumsi bahwa dengan adanya penguatan karakter dalm pembelajaran, tentunya anak akan dapat meningkatkan pemahamannya tidak saja pada kompetendi pengetahuan tetapi juga dengan terbangunnya karakter dasar. Pengembangan kondisi berkarakter cerdas merupakan pokok yang paling utama dalam upaya pendidikan yang hendak menjadikan kehidupan manusia di jaln lurus dan maju. Pendidikan yang berorientasi karakter, inilah yang akan mengatasi rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, dan sekaligus mengatasi berbagai keracunan, penyimpangan, dan kecelakaan dalam kehidupan individu, bermasyarakan dan berbangsa.Untuk itu dalam upaya pendidikan perlu diwujudkan proses pembelajaran yang materi pembelajarannya secara dominan berorientasi pada pengembangan kondisi berkarakter cerdas. Implikasi berkarakter cerdas. Implikasi berkarakter cerdas diintegerasikan dalm substansi pelajaran secara kental dan konsisten. Pelajaran Budi Pekerti secara tersendiri, terpisah dari mata pelajaran lainnya, tidak menjamin integrasi pembentukan karakter cerdas yang dimaksud.

Item Type: Article
Keywords: Pendidikan Anak; Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item