PENERAPAN TEORI BELAJAR PENEMUAN BRUNER PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS X SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN 2012/2013

Sirait, Elia Tince (2012) PENERAPAN TEORI BELAJAR PENEMUAN BRUNER PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS X SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408111045 Cover.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 BAB 1.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408111045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diterapkan dengan teori belajar penemuan Bruner dalam pembelajaran pokok bahasan Sistem Persamaan Linear lebih baik daripada pembelajaran ekspositori di Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Laguboti. Sampel terdiri dari 69 orang yaitu siswa kelas X A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran teori belajar penemuan Bruner dan siswa kelas X E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Dimana kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas kontrol berjumlah berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan instrument berupa tes dan lembar observasi.Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 25,73 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas kontrol 24. Nilai postes kelas eksperimen 64,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55. Kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,631 dan ttabel =1,553, dimana thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga diperoleh hasil belajar siswa yang diterapkan dengan teori belajar penemuan Bruner dalam pembelajaran pokok bahasan Sistem Persamaan Linear lebih baik daripada pembelajaran ekspositori di Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013. Dan berdasarkan observasi implementasi penerapan teori belajar penemuan Bruner dalam pembelajaran pokok bahasan Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013 dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSihombing, W.L.196107131987031001
Call Number: 510.071 Sir p
Keywords: Teori Belajar; Bruner; Sistem Persamaan Linier; Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9930

Actions (login required)

View Item View Item