PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE CO-OP CO-OP DAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANE T.A. 2011/ 2012

Manurung, Febryansyah Pratama (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE CO-OP CO-OP DAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANE T.A. 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244110015 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa setelah diajarkan dengan metode Co-Op Co-Op dengan metode Group Investigation pada materi Persamaan Kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane T.A. 2011/ 2012.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane.. Sampel terdiri dari 68orang yaitu siswa kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen 1 dengan metode Co-Op Co-Op dan siswa kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen 2 dengan metode Group Investigation dengan jumlah siswa masing-masing berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,710 dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 1 (22,06) dan nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen 2 (19,32). Dari hasil analisis data pretes kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,0987< Ltabel = 0,1519, dan data pretes kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0.1202< Ltabel= 0,1519. Sehingga disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,067< Ftabel = 1,792. Dan uji hipotesis data pretes kedua sampel diperoleh thitung = 1,087< ttabel = 1,669, artinya H0 diterima sehingga tidak ada perbedaan kemampuan awal pada kedua kelas.Nilai rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen 1 (30,12)dan nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen 2 (25,24). Dari uji homogenitas data postes kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,019< Ftabel = 1,792. Dari hasil analisis data postes kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,1075< Ltabel =0,1519, dan data postes kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0,1402< Ltabel = 0,1519. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dan uji hipotesis data postes kedua sampel diperoleh thitung = 1,821> ttabel = 1,669, artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan metode Co-Op Co-Op lebih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan metode Group Investigation pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Mukhtar195908071983031033
Call Number: 510.071 Man p
Keywords: mengajar, kuadrat; pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item View Item