PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJARAN SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DAN HUKUM NEWTON KELAS VIII SEMESTER I SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TP 2012/2013

Marbun, Ruth Verawaty (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJARAN SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DAN HUKUM NEWTON KELAS VIII SEMESTER I SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TP 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409621011 COVER.pdf]
Preview
Text
409621011 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409621011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409621011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409621011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409621011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409621011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 DAFTRA GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409621011 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 DAFTRA LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409621011 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 BAB I.pdf]
Preview
Text
409621011 BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 BAB V.pdf]
Preview
Text
409621011 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409621011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 409621011 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
409621011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton di Kelas VIII Semester I SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2012/2013 serta aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 80 siswa. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas (kelas VIII-1 dan kelas VIII-2) yang diambil secara cluster random sampling. Pada kelas VIII-1 Pembelajaran diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan pada kelas VIII-2 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretes, kemudian dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, dan setelah selesai pembelajaran dilakukan postes. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda, sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Dari data penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen adalah 34,9 dengan standar deviasi 10,6 dan nilai rata – rata pretes kelas kontrol adalah 37,1 dengan standar deviasi 9,4. Dari uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh pengujian Fhitung = 1,284 < Ftabel = 1,705 maka hipotesis nol diterima bahwa kedua kelas sampel adalah homogen. Untuk hasil analisis data dari uji beda diperoleh thitung = 1,000 < ttabel = 1,994 bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama.
Setelah diberi perlakuan yang berbeda kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 51,12%, pada pertemuan II sebesar 56,68% dan pada pertemuan III sebesar 67,24,5%. Dari hasil postes diperoleh nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 73,2 dengan standar deviasi 10,8 dan nilai rata – rata postes untuk kelas kontrol 66,8 dengan standart deviasi 10,3. Dari hasil pengujian dengan uji t pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk 78 diperoleh thitung = 2,782 > ttabel = 1,994 maka hipotesis altenatif (Ha) diterima, artinya hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton di kelas VIII Semester I SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Mar p
Uncontrolled Keywords: Gesekan; Masa; Berat; Hukum; Bebas; Tes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 04:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9840

Actions (login required)

View Item
View Item