PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS VII SEMESTER II SMP N I 2 KOTA PEMATANGSIANTAR TP 2011/2012

Regar, Eva Frianti (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS VII SEMESTER II SMP N I 2 KOTA PEMATANGSIANTAR TP 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408321017 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 BAB V.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII semester II SMP Negeri 2 Kota Pematangsiantar T.P. 2011/2012”. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kota Pematangsiantar T.P. 2011/2012 yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 330 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII-I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas VII-II sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,19 dan nilai rata-rata kelas kontrol 33,47. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,116 dan ttabel = 1,9966 sehingga thitung < ttabel , berarti tolak Ha dan terima Ho, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,47 dan kelas kontrol 60. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,4666 dan ttabel = 1,6683, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII semester II SMP Negeri 2 Kota Pematangsiantar T.P. 2011/2012”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Tumpal194712171973031001
Call Number: 530.071 Reg p
Keywords: Pretes; Postes; Normalitas; Homogenitas
Subjects: Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9832

Actions (login required)

View Item View Item