PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTS ALWASHLIYAH SEI MENCIRIM

Abdi, Hafizatul (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTS ALWASHLIYAH SEI MENCIRIM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061244110028 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061244110028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat kemampuan. Data yang diberikan diperoleh dari tes hasil belajar berbentuk esai dan sebelum diujikan terlebih dahulu peneliti memvalidkan ke 3 orang validator. Tes tersebut diberikan sebanyak satu kali pada setiap akhir siklus. Pada penelitian ini penggunaan LAS bertujuan sebagai alat bantu pengajaran untuk memudahkan proses belajar aktif siswa dalam kelompok. Hasil analisa dari tes awal diperoleh 8 siswa (18,18%) yang mencapai standar minimal keuntasan belajar dan 36 siswa (81,82%) belum tuntas. Setelah diberikan tindakan I dari tes hasil belajar I (THB I) diperoleh 27 siswa (61,36 %) mencapai ketuntasan belajar dan 17 siswa (38,64 %) belum tunas. Sedangkan untuk aktivitas belajar belum mencapai kriteria aktivitas belajar ideal karena hanya dua aspek yang memenuhi batas toleransi waktu ideal yaitu visual activities dan listening activities. Pada siklus ini berdasarkan ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai. Adapun kesulitan yang masih dialami siswa adalah kurang memahami penyelesaian soal aritmatika sosial yang berbentuk aplikasi dan cerita. Hasil analisa setelah diberikan tindakan II dari tes hasil belajar II (THB II) diperoleh 39 siswa (88,63 %) mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (11,36 %) belum tuntas belajar. Sedangkan untuk aktivitas belaja sudah tiga aspek yang memenuhi batas toleransi waktu ideal yaitu visual activities, oral activities dan listening activities. Pada siklus ini hasil belajar siswa meningkat dan ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: 510.071 Abd p
Keywords: mengajar;pelajaran;aritmatika sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9820

Actions (login required)

View Item View Item