PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2015/2016

Pasaribu, Sarana Ria Gunawati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 4123121068_COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 4123121068_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 4123121068_PENGESAHAN-RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 4123121068_PENGESAHAN-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123121068_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123121068_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123121068_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123121068_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123121068_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123121068_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123121068_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123121068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123121068_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123121068_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123121068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123121068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123121068_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123121068_BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121068_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121068_BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123121068_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123121068_BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123121068_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123121068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA Semester II yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 7 soal dalam bentuk essai, lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 41,9 dengan SD= 8,10 dan kelas kontrol yaitu 40,3 dengan SD= 7,98. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,031 dan Ftabel = 1,760 sehingga F hitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,177 < ttabel = 1997, sehingga Ho diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 80,0 dengan SD= 9,79 dan kelas kontrol = 73,3 dengan SD= 8,65.. Dari hasil pengamatan sikap dan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata 48,22% naik di siklus II menjadi 62,38% dan pada siklus III 62,97%. Penilaian rata-rata KPS pada siklus I 45,71% meningkat disiklus II menjadi 77,77% dan di siklus III 86,98%. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 4,290 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 065
Keywords: Model Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains Siswa; Penilaian Sikap
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:45
Last Modified: 10 Aug 2016 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9722

Actions (login required)

View Item
View Item