PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

Agustini, Dina Tri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media LKS lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional dengan meggunakan media LKS, serta untuk mengetahui perkembangan aspek afektif dan aspek psikomotorik siswa pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA T.A 2015/2016. Sampel dipilih secara cluster random sampling dari 4 kelas XI MIPA yang ada di SMA Negeri 1 Gebang terpilih 2 kelas yaitu kelas XI-MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media LKS dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media LKS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,992 dan ttabel = 1,672. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media LKS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media LKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDNasution, Hafni Indriati195809241984032001
Call Number: SK-2016 KIM 045
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Konvensional; media LKS; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9710

Actions (login required)

View Item View Item