PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING

Parlin and Muhammad, Badiran (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 79-92. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sosiologi peserta didik melalui penerapan strategi pengorganisasian peta konsep (concept mapping). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi kelas, wawancara, penyebaran angket, evaluasi formatif, dan diskusi dengan guru mitra (kolaborator). Hasil tindakan siklus I menunjukkan 67% atau 22 dari 33 peserta didik telah menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan mencapai nilai KKM (≥ 70), dan di siklus II meningkat signifikan menjadi 91% atau 30 dari 33 peserta didik telah mencapai nilai KKM (≥ 70). Hasil simpulan tersebut diperkuat dengan hasil angket pendapat peserta didik tentang pembelajaran dengan peta konsep yang menunjukkan di siklus I terdapat 14 dari 33 peserta didik atau 42,5% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep cukup membantu dalam belajar Sosiologi dan 11 dari 33 peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep baik dalam membantu belajar Sosiologi. Sedangkan di siklus II terdapat 16 dari 33 peserta didik atau 48,5% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep baik dalam membantu belajar Sosiologi dan 5 dari 33 peserta didik atau 15,2% menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep sangat baik dalam belajar Sosiologi.

Item Type: Article
Keywords: Hasil Belajar Sosiologi; Strategi Pengorganisasian Peta Konsep
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:04
Last Modified: 28 Mar 2016 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item
View Item