PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA

Sibarani, Tiara Dewi (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4122131031 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2. NIM 4122131031 LEMBAR_PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4122131031 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4. NIM 4122131031 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5. NIM 4122131031 KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6. NIM 4122131031 DAFTAR_ISI.PDF - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. NIM 4122131031 DAFTAR_GAMBAR_.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8. NIM 4122131031 DAFTAR_TABEL_.PDF - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8. NIM 4122131031 DAFTAR_TABEL_.PDF - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9. NIM 4122131031 DAFTAR_LAMPIRAN_.PDF - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Other
10. NIM 4122131031 BAB_I_.PDF - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14. NIM 4122131031 BAB_V.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Other
15. NIM 4122131031 DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik. (2) Aktivitas belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik. (3) Korelasi yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa diajarkan dengan pendekatan saintifik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling. Sampel siswa diambil sebanyak 36 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejcie dengan α =0,05. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri insrumen tes dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen nontes digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam bentuk observasi oleh observer. Jenis penelitian ini ialah eksperimental semu yaitu dengan mengelompokkan sampel penelitian menjadi 2 kelompok. Kedua kelompok tersebut masing masing dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar dan aktivitas siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 86,11 dengan persen peningkatan hasil belajar sebesar 82 % dan nilai rata-rata di kelas kontrol yaitu 76,11 dengan persen peningkatan hasil belajar sebesar 65 %. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 7,20 , untuk uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh thitung = 4,09 , untuk uji hipotesis korelasi hasil belajar dan aktivitas belajar diperoleh sebesar 0,564 sedangkan ttabel = 0,329 untuk α = 0.05. Dengan demikian thitung > 1,996 maka uji hipotesis hasil belajar, aktivitas dan korelasi hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar, aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada hasil belajar dan aktivitas belajar yang belajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik. Kemudian terdapat korelasi yang signifikan antara hasil belajar dan aktivitas belajar kimia siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: SK-2016 KIM 080
Keywords: Pendekatan Saintifik; Macromedia Flash; Peningkatan Hasil Belajar; Aktivitas; Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 05:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item View Item