STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI

Liyusri and Situmorang, Julaga (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 64-78. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) hasil belajar Geografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (SPE), (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Geografi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pinangsori. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Teknik analisa data yang digunakan teknik ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Geografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori (SPE); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar Geografi siswa.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ekspositori; Gaya Belajar Visual; Auditorial; Kinestetik; Hasil Belajar Gografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:56
Last Modified: 28 Mar 2016 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item
View Item