UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BINTANG BAYU TP 2014/2015

Fadheil, Muhammad (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BINTANG BAYU TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6101112069 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6101112069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6101112069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6101112069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6101112069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6101112069 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6101112069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6101112069 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6101112069 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6101112069 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6101112069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis forehand dalam permainan bulutangkis dengan menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka digunakan nilai hasil tes belajar sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) (pre-test) lalu dilakukan pembelajaran siklus I dan siklus II untuk mendapatkan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan, sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis: Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) (pre-test) diperoleh 5 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (13,88%), sedangkan 31 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (86,11%) dengan nilai rata-rata 59,71. Kemudian dilkukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT). Dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) disiklus I makan diperoleh hasil 23 siswa mencapai ketuntasan (63,88%), sedangkan 13 siswa belum mencapai ketuntasan (36,11%) dengan nilai rata-rata siswa 77,54. Maka peneliti kemudian melakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT). Dari hasil belajar pada siklus II diperoleh hasil 31 siswa mencapai ketuntasan (86,11%), dan 5 siswa yang tidak tuntas (13,88%) dengan nilai rata-rata siswa 82,17. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa hasil analisis data dikatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi servis forehand dalam permainan bulutangkis pada kelas VIII SMP Negeri 1 Bintang Bayu, Kabupaten Serdang Bedagai T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJumadin, 1956010319811005
Call Number: 796.345 071 2
Keywords: Pendidikan jasmani;Hasil belajar; Permainan Bulutangkis; Sevis; Model Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9661

Actions (login required)

View Item View Item