UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2014/2015.

Simorangkir, Adi N. (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6103311006 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 TABELS.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6103311006 BOGRAFI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli melalui modifikasi alat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan modifikasi alat pembelajaran yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik passing bawah dalam permainan bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum melalui modifikasi alat (Pre test) diperoleh 5 orang siswa (16,60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 25 orang siswa (83,3%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan melalui modifiksi alat (2) Dari tes hasil belajar modifikasi alat pembelajaran di siklus I diperoleh 19 orang siswa (63,3%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa ( 36,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,12. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan modifikasi alat pembelajaran. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 26 orang siswa ( 86,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (13,3%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,73. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 69,12 menjadi 82,73 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 23,3%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan memodifikas alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola Voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSuyono, Hady19530501 197903 1 006
Call Number: 796.325 071 2 Sim u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Permainan Bola Volli; Servis; Smash; Blocking
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item