UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHESS PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2013-2014

Sembiring, M.Ariefin Nawawi (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHESS PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT ) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
609411037 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609411037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar Chess Pass dalam permainan bola basket menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan Tahun Ajaran 2013-2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Babalan. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dan Objek Penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan 2 siklus. Diakhir siklus diadakan tes hasil belajar chess pass dalam permainan bola basket dengan menggunakan portofolio. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis instrument mengajar secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase.Hasil penelitian, pada saat pre tes sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 59,73, dengan ketuntasan klasikal 8 siswa atau 21,63% dikatakan belum berhasil baik secara individu maupun secara keseluruhan. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,40 dengan ketuntasan belajar siswa dari hasil 23 siswa sebesar 62,16%. Dalam hal ini 37 orang siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas dan 14 yang tidak tuntas dan nilai rata rata siswa sebesar 62,16. Namun, persentase ketuntasan secara klasikal tersebut masih kurang dimana kriteria ketuntasan minimal sekolah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 75 dan persentase ketuntasan klasiskal (PKK) adalah 85 %. Dilanjutkan pembelajaran siklus II, setelah pembelajaran hasil tes pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi 78,83 dengan ketuntasan belajar dari siswa meningkat sebesar 86,49 %. Dari 37 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas dan 5 orang yang tidak tuntas dalam belajarnya dan nilai rata rata siswa sebesar 78,83 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,49 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusuf, M19521209 198103 1 005
Call Number: 796.323 071 Sem u
Keywords: Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Gaya Mengajar; Pembelajaran Kooperatif; Permainan Bola Basket.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item View Item