UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOUNCE PASS BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP SWASTA ST. PAULUS SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Solin, Barlien Mandirianto (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BOUNCE PASS BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP SWASTA ST. PAULUS SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 609112008 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 609112008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 609112008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 609112008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 609112008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 609112008 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 609112008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 609112008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 609112008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 609112008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bounce Pass Bola Basket dengan menggunakan variasi pembelajaran pada kelas VIII-1 SMP Swasta St. Paulus Sidikalang tahun Ajaran 2013/2014.Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembvelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran yang dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik bounce pass dalam permainan bola basket sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapan variasi pembelajaran (pre test) diperoleh 7 orang siswa (23,3%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 orang siswa (76,7%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran (2) Dari hasil tes belajar menggunakan variasi pembelajaran di siklus I diperoleh 16 orang siswa (53,3%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswaii(46,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,3. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 27 orang siswa (90%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rat-rata hasil belajar siswa adalah 72,91. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 2.61 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 36,7%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar bounce pass pada permainan bola basket pada kelas VIII-1 SMP Swasta St. Paulus Sidikalang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyadi, 19510816 198011 1 001
Call Number: 796.323 071 Sol u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil belajar; Variasi Pembelajaran; Permainan Bola Basket; Bounce Pass.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9274

Actions (login required)

View Item View Item