UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sijabat, Maruli Tua (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608310144 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310144 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran guling depan dengan media pembelajaran media audiovisual pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pantai Cermin tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Pantai Cermin tahun ajaran 2012/1013 yang berjumlah 32 siswa. Subjek penelitian dengan tehnik purposive sampling atau pertimbangan tertentu yaitu kurang maksimalnya pengetahuan siswa dalam proses pelaksanaan guling depan pada kelas VIII 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas (classroom action reserch) dengan memberikan perlakukan belajar melihat dari video pembelajaran dan permainan dilakukan dengan 2 siklus selama 2 minggu. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data dilakukan dalam bentuk portofolio karena gerak senam lantai guling depan. Untuk melihat kemaksimalan hasil belajar guling depan melalui media pembelajaran audiovisual dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 73 serta nilai prsentase ketuntasan klasikal 85%.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya dari tes awal diperoleh 21 siswa (65,62%) tuntas, dan 11 orang siswa (34,37%) belum tuntas belajar dengan rata-rata nilai 73,95. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 25 siswa (78,12%) tuntas, dan 7 siswa (21,87%) belum tuntas, dengan rata-rata nilai 77,86. Dari tes siklus II diperoleh 29 siswa (90,62%) telah tuntas dan 3 siswa (9,37%) yang belum tuntas dengan rata-rata nilai 83,59. Dapat disimpulkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase secara klasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 5,73 sekitar (12,5%) dengan ketuntasan secara kasikal (90.62%) tuntas. Berdasarkan analisis data bahwa media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan pembelajaran guling depan pada siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorValianto, Budi19660520 199102 1 001
Call Number: 796.440 71 Sij u
Keywords: Pendidikan jasmani; Belajar; Senam lantai; Audiovisual; Keterampilan; Lokomotor; Nonlokomotor.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item