UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARPASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN AJARAN2012/2013

Apriandi, (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARPASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK PADASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN AJARAN2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
609321044 COPER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609321044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarpassing permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 PanyabunganSelatan dengan penguatan umpan balik.Lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan TahunAjaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 PanyabunganSelatan yang berjumlah 180 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelasVIII-5 sebanyak 32 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiridari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I penelitimemberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passingpermainan sepak bola, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus IIdan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitianlembar pengamatan test hasil belajar passing permainan sepak bola denganmenggunakan lembar portofolio.Dengan penguatan umpan balik dapat meningkatkan kemampuan hasilbelajar passing permainan sepak bola siswa dari mulai tes awal hingga pada siklusII, pada test awal yang dilakukan terdapat 12 siswa (37%) yang berhasil dalammencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 67,15. Ketuntasan belajar siswapada postes siklus I mencapai 20 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasanbelajar yaitu sebesar 62% dengan nilai rata-rata 72,07. Dan ketuntasan belajarsiswa pada post test siklus II mencapai 28 siswa yang berhasil dalam mencapaiketuntasan belajar yaitu sebesar 87,5% dengan rata-rata nilai 80,1. Jadi dapatdisimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam passingpermainan sepak bola dengan penguatan umpan balik di kelas VIII SMP Negeri 1Panyabungan Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penguatanumpan balik dapat meningkatkan hasil belajar passing permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyah, H.Syahbuddin19540808 198103 1 009
Call Number: 796.334 071 2 Apr n
Keywords: Hasil belajar; Permainan; Sepak bola; Menedang ; Teknik; Passing; Umpan balik.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item View Item