PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH DALAM PERMAIANAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2012-2013

Lubis, Fuad Hasan (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH DALAM PERMAIANAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
61266120149 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61266120149 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar Smash dalam permainan bola voli yang didapat siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan gaya mengajar Resiprokal.Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2012/2013, sampel dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas VIII-4 yang berjumlah 32 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Setelah menerapkan gaya mengajar di pembelajaran maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan gerakan smash dalam permainan bola voli.Berdasarkan hasi tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2012/2013. Dari 32 siswa terdapat 5 siswa (15,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 59,5. Hasil dari siklus I terdapat 21 siswa (65,6%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 73. Disiklus II terdapat 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorValianto, Budi196605201991021001
Call Number: 796.325 071 Lub p
Keywords: Permainan; Bola Voli; Smash; Metode Mengajar Resiprokal; Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item