METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI YANG BERVARIASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2012/2013

Lumbanraja, Doles P. (2013) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI YANG BERVARIASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608321055 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 BAB I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608321055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran pendidikan jasmani yang bervariasi di kelas VII SMP Negeri 1 Pematang Siantar melalui materi tolak peluru gaya O’brien.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Pematang Siantar T.A 2012/2013 dengan jumlah siswa 36 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup sebanyak 34 butir. Angket tersebut selain divalidasi oleh validator juga divalidasikan ke sekolah dan telah valid serta memiliki reliabilitas yang tinggi.Pada tahap pre-test diperoleh bahwa tingkat motivasi belajar siswa masih rendah, dimana hasil yang didapat dari 36 orang siswa hanya 3 orang siswa (8,3%) yang memiliki kategori baik, ada 2 orang siswa (5,6 %) memiliki kategori kurang dan 31 orang siswa (86,1%) memiliki kategori cukup. Tahap selanjutnya dilakukan tindakan pos-test I dan hasilnya terdapat 1 orang siswa (2,8%) kategori sangat baik, ada 13 orang siswa (36,1%) kategori baik dan 22 orang siswa (61,1%) memiliki kategori cukup. Tingkat perubahan ada 14 orang siswa (39%) dan masih tergolong rendah. Hasil pos-test II yang didapat ada 4 orang siswa (11,1 %) memiliki kategori sangat baik, ada 20 orang siswa (55,6 %) memiliki kategori baik , dan dalam kategori cukup ada 12 orang siswa (33,3 %). Perubahan peningkatan motivasi belajar siswa keseluruhan secara klasikal sudah tinggi bahwa ada 24 orang mencapai ketuntasan sebesar 67 % . Sesuai dengan analisis data mengatakan ketuntasan belajar secara klasikal ≥ 75% dikatakan berhasil, maka penelitian ini tidak berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSupriadi, Amir197203122001121001
Call Number: 796.040 71 Lum m
Keywords: Motivasi; Jenis-jenis Motivasi; Motivasi Belajar; Pendidikan Jasmani; Metode Belajar; Fungsi Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item