UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SIMPAI MELALUI GAYA MENGAJAR IKLUSI DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Ismadi, Agung Dermawan (2013) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SIMPAI MELALUI GAYA MENGAJAR IKLUSI DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266110018 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110018DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas menggunakan media yang bervariasi pada siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakan media yang bervariasi dengan menggunakan gaya mengajar inklusi terhadap passing atas bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing atas khususnya passing atas. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 18 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (40) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 69,36. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 80,2. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 10,82 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 30%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan media yang bervariasi dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar passing atas dalam permainan bola volly pada siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSunarno, Agung196601151992031003
Call Number: 796.325 071 Ism u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Passing Atas; Bola Volly; Media; Inklusi; Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item