UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BIRU-BIRU TAHUN AJARAN 2012/2013 (PEMBIMBING : M IRFAN SKRIPSI : FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIMED 2012

Lubis, Eva Syahfitri (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BIRU-BIRU TAHUN AJARAN 2012/2013 (PEMBIMBING : M IRFAN SKRIPSI : FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIMED 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266120136 Cover.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 Lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266120136 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui variasi pembelajaran . Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Biru-biru Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Biru-biru yang berjumlah 127 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII 3 sebanyak 32 orang yang ditentukan secara random sampling kelas.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus yakni, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Lompat jauh gaya jongkok, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan lembar portofolio. Dengan penerapan variasi pembelajaran pada materi lompat jauh gaya jongkok dapat meningkatkan hasil belajar mulai tes awal hingga pada siklus II yaitu pada tes awal yang dilakukan sebelum siklus I, ada 6 orang siswa atau 15,00% dari jumlah siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 50% sedangkan yang belum berhasil ada 26 orang siswa atau 85% dari jumlah siswa. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan variasi pariasi . Dari tes siklus I diperoleh 18 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 43,75% dari jumlah siswa dengan rata-rata nilai 68 sedangkan yang belum berhasil ada 14 orang siswa atau sekitar 43,75% dari jumlah siswa. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 28 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 87,50% dari jumlah siswa sedangkan 4 orang siswa (12,5%) belum mendapat tingkat ketuntassan belajar dengan rata-rata nilai 83,84%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar lompat jauh melalui variasi pembelajaran di kelas VII 3 SMP Negeri 1 Biru-biru Tahun Ajaran 2012/2013.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIrfan, 197310241999031004
Call Number: 790.071 Lub u
Keywords: variasi pembelajaran ; hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item