PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 30 PERUMNAS MANDALA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hasibuan, Mansah (2012) PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET MINI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 30 PERUMNAS MANDALA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6104311018 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6104311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modifikasi permainan bola basket mini untuk meningkatkan hasil belajar dribbling pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah 30 Perumnas Mandala Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 30 Perumnas Mandala Medan Tahun Ajaran 2012/2013, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2012 selama 2 Minggu. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah 30 Perumnas Mandala Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah 20 orang siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran penerapan modifikasi permainan bola basket mini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dribbling bola basket, nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 54,68 (Tidak Tuntas) dengan jumlah yang tuntas 4 orang (20,0%), pada pos-tes I nilai rata-rata siswa menjadi 64,37 (Tidak Tuntas) dengan jumlah yang tuntas 8 orang (40,0%), dan pada pelaksanaan Pos-test II nilai rata-rata siswa telah mencapai 76,87 (Tuntas) dengan jumlah yang tuntas 18 orang (90,0%). Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai Persentase Ketuntasan Klassikal (PKK) serta nilai rata-rata hasil belajar siswa. Hasil tes siklus II ternyata Nilai PKK yang diperoleh siswa kelas VI SD Muhammadiyah 30 Perumnas Mandala Medan telah mencapai 90,0%. Apabila nilai PKK lebih besar dari 85%, maka telah tercapai ketuntasan belajar klassikal. Sebagai kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan modifikasi permainan bola basket mini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dribbling bola basket

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyadi, 195108161980111001
Call Number: 790.071 Has p
Keywords: belajar dribbling ; basket mini
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8558

Actions (login required)

View Item View Item