PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA PENGAJARAN ALKOHOL DAN ETER DI SMA

Wintasari, Yulia (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROYEK PADA PENGAJARAN ALKOHOL DAN ETER DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4122131022_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4122131022_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4122131022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4122131022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4122131022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4122131022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4122131022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4122131022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4122131022_BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4122131022_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4122131022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar modul berbasis proyek pada materi alkohol dan eter di SMA dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Medan dan Universitas Negeri Medan (UNIMED). Validator yang digunakan adalah tiga orang dosen kimia UNIMED dan 5 orang guru kimia SMA Negeri 10 Medan dengan mengisi angket penilaian bahan ajar alkohol dan eter berdasarkan standar BSNP. Dalam pengembangan bahan ajar berbasis proyek ini, langkah awal yang dilakukan adalah memilih satu buku kimia organik universitas dan tiga buku kimia SMA untuk dianalisis oleh peneliti, tiga orang dosen dan lima orang guru kimia. Dari hasil analisis buku didapatkan skor rata-rata untuk kode buku A, B, C dan D berturut-turut adalah 69,31%, 68,61%, 71,00% dan 68,41% dengan kriteria validasi valid. Dengan berpedoman pada silabus dan analisis buku diperoleh sebuah draft bahan ajar dengan urutan materi yang akan diintegrasikan dengan proyek, contoh soal dan penyelesaian pada sub pokok bahasan, latihan soal dan soal-soal evaluasi, info-info kimia dalam kehidupan sehari-hari, sekilas tentang, tahukah anda, penting diingat, tokoh kimia, telusur kimia, proyek dan beberapa daftar pustaka yang dilengkapi degan beberapa referensi. Kemudian bahan ajar distandarisasi oleh tiga orang dosen kimia dan lima orang guru untuk mengetahui apakah bahan ajar valid dan tidak valid. Berdasarkan penilaian yang diperoleh dari penelitian, nilai yang diperoleh berada pada kisaran 81% – 100% tepatnya pada angka 89,43% yang berarti bahan ajar modul sangat valid, tidak perlu direvisi dan layak digunakan. Dengan melihat hasil standarisasi bahan ajar berbasis proyek pada materi alkohol dan eter ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan baik guru maupun siswa yang mengajar dan mempelajari kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Jamalum196412071991031002
Call Number: SK-2016 KIM 041
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Berbasis Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8486

Actions (login required)

View Item View Item