ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GALANG

Hasibuan, Siti Khairani (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4103131068 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4103131068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4103131068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4103131068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4103131068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4103131068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4103131068 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4103131068 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4103131068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4103131068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4103131068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Desember 2016. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Galang dan (2) mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 Galang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik Purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah intrumen non tes dan intrumen tes. Intrumen tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 30 soal sedangkan intrumen non tes digunakan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru yang terdiri dari 10 indikator. Hasil analisis data kuesioner menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kimia SMA Negeri 1 Galang dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 berada pada kualifikasi sedang atau cukup. Data kuesioner dan data hasil belajar siswa diuji normalitasnya, hasil yang diperoleh adalah sampel berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dan untuk hasil belajar diperoleh thitung= 3,640 sedangkan ttabel= 2,0021 untuk α = 0,05 dan db = 58. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis harga t-hitung berada di daerah kritis, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Galang. Besarnya kontribusi kompetensi pedagogik guru dapat mempengaruhi prestasi belajar siswanya sebesar 19%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Amser195112241976031002
Call Number: SK-2016 KIM 108
Keywords: Pedagogik Guru; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8450

Actions (login required)

View Item View Item