PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI UNTUK SISWA SMA

Darmawan, Aria (2016) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123131006 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123131006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123131006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123131006 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123131006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123131006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123131006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai islami pada pokok bahasan minyak bumi, (2) mengetahui apakah terdapat nilai-nilai islam dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (3) mengetahui bagaimanakah kualitas modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai islam pada pokok bahasan minyak bumi berdasarkan BSNP, (4) mengetahui bagaimanakah respon guru, mahasiswa, siswa terhadap modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai islam pada pokok bahasan minyak bumi. Metode yang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Tahap analisis dimulai penentuan buku kimia yang dipergunakan di sekolah. Buku diidentifikasi oleh peneliti untuk melihat apakah terdapat nilai-nilai islami dalam buku. Selanjutnya tahap rancangan modul kimia dengan mengintegrasikan nilai-nilai islami. Tahap pengembangan dimulai dengan menguji kelayakan modul kimia dengan instrumen angket BSNP oleh 3 orang dosen Kimia UNIMED dan 3 orang guru kimia mendapatkan skor 3,51 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi. Rancangan modul kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia, 15 mahasiswa, dan 16 siswa untuk meminta pandangan terhadap modul kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 3,55 yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid yang berarti modul kimia layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2016 KIM 095
Keywords: Modul Pembelajaran; Nilai-Nilai Islami; BSNP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8443

Actions (login required)

View Item View Item