PENGARUH MEDIA VIRTUAL LAB BERBASIS CROCODILE CHEMISTRY PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN TITRASI ASAM BASA

Fahmi, Muhammad Dini Eka (2016) PENGARUH MEDIA VIRTUAL LAB BERBASIS CROCODILE CHEMISTRY PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123131053 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 4123131053 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 4123131053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123131053 BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM. 41213131053 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123131053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media virtual lab crocodile chemistry pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan titrasi asam basa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Delitua pada kelas XI-IPA dengan populasi sebanyak 5 kelas paralel. Sampel kelas ditentukan dengan tehnik simple random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL media virtual lab crocodile chemistry, dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 18 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes pihak kanan untuk hipotesis diperoleh thitung>ttabel (3,428 > 1,697). Hal ini menunujukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media virtual lab berbasis crocodile chemistry pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan titrasi asam basa. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 73,33 % dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 62 %. Dengan demikian penggunaan media virtual lab crocodile chemistry pada pembelajaran model PBL lebih baik dibandingkan pembelajaran hanya dengan model PBL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad198304112008011005
Call Number: SK-2016 KIM 051
Keywords: Media Virtual Crocodile Chemistry; Model PBL; Hasil Belajar, Gain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8430

Actions (login required)

View Item View Item