PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Nasution, Eka Rizki Ananda (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4122141005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4122141005 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122141005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122141005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122141005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122141005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122141005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4122141005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4122141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122141005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4122141005 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4122141005 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4122141005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4122141005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4122141005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4122141005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4122141005 CHATER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4122141005 CHATER V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4122141005 BIBLIOGRAFY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4122141005 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar
Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
dan Scramble pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA
MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Maret – Mei 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang
dilakukan kepada siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan dengan melakukan
pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match pada kelas
Eksperimen I dan model pembelajaran Scramble pada kelas Eksperimen II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran
Make A Match dan Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap
materi sistem ekskresi pada manusia. Untuk secara keseluruhan model
pembelajaran Make A Match memiliki hasil yang lebih baik ( ̅1 ± SD1 = 87,56 ±
6,03) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble ( ̅2 ±
SD2 = 83,87 ± 7,720). Dari hasil rata-rata postes yang didapat pada kelas
Eksperimen I (87,56) dan kelas eksperimen II (83,87) dapat dilihat bahwa hasil
rata-rata pembelajaran menggunakan model Make A Match dan Scramble sudah
mencapai nilai KKM (83). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,427
sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 79 dan taraf signifikasi 5% (α =
0,05) diperoleh harga ttabel = 1,993 melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel maka
Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada
Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Scramble pada Materi
Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 081
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif; Make A Match; Scramble; Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 08 Aug 2016 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item
View Item