ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM INDRA MANUSIA (PENGLIHATAN, PENDENGARAN DAN PENGECAP) DI KELAS XI IPA MAN 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Adriani, Silvia (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM INDRA MANUSIA (PENGLIHATAN, PENDENGARAN DAN PENGECAP) DI KELAS XI IPA MAN 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4122141017 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4122141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4122141017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4122141017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4122141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4122141017 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4122141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4122141017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4122141017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4122141017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4122141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dari pengamatan percobaan indra manusia, aspek kognitif dan indikator pembelajaran serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA MAN 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara total sampling dengan jumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pengamatan, tes diagnostik dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesulitan belajar siswa dari yang tertinggi sampai terendah pada aspek kognitif yaitu C5, C6, C3, C4, C2 dan C1 sebesar 70,43%, 53,06%, 51,17%, 47,09%, 44,72%, dan 34,51%. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pada materi sistem indra manusia yaitu indikator (1) sebesar 65,26% dengan kategori sangat tinggi, indikator (2) sebesar 45,54% dengan kategori tinggi, indikator (3) sebesar 43,98% dengan kategori tinggi dan indikator (4) sebesar 53,93% dengan kategori sangat tinggi. Faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan belajar dari persentase kesulitan belajar tertinggi sampai terendah adalah materi pelajaran (61,40%), lingkungan sekolah (61,26%), media pembelajaran (54,66%), inteligensi (45,07%), motivasi (43,48%), orang tua (42,69%), lingkungan sekitar (41,81%), psikiatik (41,19%), guru (41,10%), minat (39,17%) dan kesehatan (38,99%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLazuardi, 196004231989021001
Call Number: SK-2016 BIO 079
Keywords: Kesulitan Belajar; Aspek Kognitif; Indikator Pembelajaran; Sistem Indra Manusia
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item