UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS VIII/1 SMP NEGERI 1 BESITANG T.A 2015 / 2016

Yulia, Nanda (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DI KELAS VIII/1 SMP NEGERI 1 BESITANG T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 COVER.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 BAB I.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) di Kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang. Subjek penelitian adalah kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) di kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang T.A 2015 / 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan materi kubus dan balok. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII/1 adalah 48,57. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 71,78 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 26 orang (74,27%). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 83,21 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 31 orang (88,55%). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII/1 SMP Negeri 1 Besitang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHia, Yasfati196304011989031004
Call Number: SK-2016 MAT 066
Keywords: Belajar Matematika, Pelajaran Kubus dan Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item View Item