PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016.

Siahaan, Octo Fernando (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6103311174 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6103311174 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6103311174 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6103311174 PREFACE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6103311174 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6103311174 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6103311174 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6103311174 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 6103311174 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6103311174 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuanPassing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola dengan menggunakan model pembelajaran Direct InstructionPadaSiswaKelasXI IPS-2 SMASwasta Raksana Medan Tahaun Ajaran 2015/2016. Lokasipenelitianinidilaksanakan di SMA Swasta Raksana Medan, waktupenelitianpadatanggal 18 November sampaidengan25 NovemberTahun 2015.Objekdalampenelitianiniadalahmenggunakan Model pembelajaran Direct InstructionuntukmeningkatkanhasilbelajarPassing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola.Sedangkansubjek dalam penelitian ini adalah siswakelasXI-IPS-2 yang berjumlah 30 orang siswa. Jenispenelitian iniadalahmenggunakanpendekatan PTK (PenelitianTindakanKelas).Instrumen yang digunakandalampenelitianadalahlembarfortofoliopenilaianhasilbelajarPassing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola. Data awal (pre test) yang telahdilakukanmenunjukkanbahwakemampuansiswadalammelakukanteknikPassing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bolamasihrendahdanhaliniberdampak pada hasil belajar siswa. HasilpenelitianpadaSiklus I menunjukkanbahwahasilbelajarPassing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bolayaitusebanyak 19 orang siswa (63,33%) siswa yang tuntasdalambelajarnya, dan 11 orang siswa (36,66%) siswa yang tidaktuntasbelajarnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar Passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bolamencapai (73,33). Padasiklus II yaitu sebanyak 24 (80%) siswa yang tuntasbelajarnya, dan6 orang siswa (20%) siswa yang tidaktuntasbelajarnya, dannilai rata-rata hasilbelajarsiswadalammelakukanteknik dasar Passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bolamencapai (78,05). Penelitian ini menyimpulkan Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam permainan sepak bola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMesnan, 196606021993031002
Call Number: SK-2106 PJS 017
Keywords: Model pembelajaran; Direct instruction; Permainan sepak bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item