UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Batubara, Khoirul Fikry, (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 609312049_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 609312049_COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 609312049_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 609312049_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 609312049_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 609312049_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 609312049_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 609312049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 609312049_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 609312049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 609312049_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 609312049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 609312049_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 609312049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 609312049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 609312049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 609312049_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 609312049_BAB I.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 609312049_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 609312049_BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 609312049_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 609312049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Perguruan Keluarga Pematang Siantar Tahun Ajaran 2015-2016. Dari hasil data awal (pretest) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah masih rendah dan ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat di analisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Perguruan Keluarga yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah yaitu 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 17 orang (56,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada siklus I memiliki rata-rata (66,64%). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passing bawah yaitu 26 orang (86,66%) siswa yang tuntas pembelajarannya, dan 4 orang (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus II memiliki rata-rata (80,70%).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dapat meningakatkan hasil belajar passing bawah Pada Siswa Kelas X SMA Perguruan Keluaraga Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PKR 008
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:54
Last Modified: 01 Aug 2016 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item
View Item