PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS I BERBASIS PBM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA STKIP “TAPANULI SELATAN” PADANGSIDIMPUAN

Holila, Anni (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS I BERBASIS PBM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA STKIP “TAPANULI SELATAN” PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126172005 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126172005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126172005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126172005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126172005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126172005 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126172005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126172005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8126172005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8126172005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berbasis PBM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dari Tiagarajan, dkk. Uji coba I di Semester IA dan uji coba II di Semester IB Pendidikan Matematika STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Bahan Ajar yang dikembangkan yaitu SAP, Diktat. Setiap bahan ajar memenuhi aspek validitas dan reliabilitas. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran valid yaitu validitas SAP = 89,14 dan Diktat = 89,07, kepraktisan bahan ajar dilihat dari respoan mahasiswa dalam kategori baik dan efektivitas perangkat pembelajaran efektif dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar maha; (2) persentase peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada uji coba 1 adalah 34,4% dan uji coba 2 adalah 60%; dan peningkatan tertinggi kemandirian belajar mahasiswa pada uji coba 1 sebesar 18,75% dan pada uji coba 2 sebesar 11,76%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 510.071 1 Hol p
Keywords: Pengembangan bahan ajar kalkulus; Pemecahan masalah matematis; Kemandirian belajar mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8184

Actions (login required)

View Item View Item