PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Asriati, Weni Widya (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8106172054 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8106172054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8106172054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8106172054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8106172054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8106172054 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8106172054 FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8106172054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8106172054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8106172054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) Apakah peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori (3) Bagaimana proses jawaban dari siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa SMP Negeri 28 Medan dan SMP Negeri 36 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan materi kubus dan balok (2) angket motivasi belajar siswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang melalui pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Dimana indikator memahami masalah lebih tinggi dari ketiga indikator lainnya. (2) peningkatan motivasi belajar siswa yang melalui model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Dimana motivasi intrinsik lebih tinggi daripada motivasi ekstrinsik. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa melalui pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibanding dengan pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat terlihat dari lembar jawaban siswa pada kelas eksperimen secara keseluruhan siswa pada kelas eksperimen dapat menyelesaikan soal dengan benar dan lengkap dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol dapat menyelesaikan soal dengan benar tetapi kurang lengkap dalam menyelesaikan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 516.150 71 Asr p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Motivasi belajar siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item