PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 101883 PASAR XIII TANJUNG MORAWA

Simamora, Paramita Marune (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 101883 PASAR XIII TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1113111057 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran generatif di kelas V. Penelitian dilaksanakan di SDN 101883 desa Limau Manis, Pasar XIII, kec. Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian direncanakan pada bulan Februari hingga bulan April. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB dengan jumlah siswa 33 orang dan objeknya adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model generatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus 1 dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi 1 akan dijadikan acuan pelaksanaan siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan kegiatan guru.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut. Dari 33 orang siswa pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 59,2 dengan 10 orang siswa termotivasi (30,30%) dan 23 orang siswa tidak termotivasi (69,70%) dan siklus 1 pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 64,5 dengan 11 siswa yang termotivasi (33,33%) dan 22 orang yang tidak termotivasi (66,67%). Karena hasil yang dicapai masih jauh dari harapan, maka dilakukan perbaikan dan dilanjutkan ke siklus 2 dengan hasil sebagai berikut. Dari 33 orang siswa pada siklus 2 pertemuan I nilai rata-rata kelas adalah 83,5 dengan 31 orang siswa termotivasi (93,93%) dan 2 orang tidak termotivasi (6,07%) dan siklus 2 pertemuan II nilai rata-rata kelas adalah 90,6 dengan 33 orang siswa termotivasi (100%) dan 0 orang siswa yang tidak termotivasi (0%).Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD N 101883 Pasar XIII Tanjung Morawa TA.2014/2015. Oleh karena itu disarankan supaya guru menggunakan model generatif dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimbolon, Naeklan19570425 198203 2 001
Call Number: SK-2015 PGSD 007
Keywords: Motivasi belaja;Pembelajaran;Model Generaif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8147

Actions (login required)

View Item View Item