HUBUNGAN PERAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK MENONTON TAYANGAN TELEVISI TERHADAP CAPAIAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKQ UMAIRA KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN

Fransiska, Rahayuning (2015) HUBUNGAN PERAN ORANGTUA MENDAMPINGI ANAK MENONTON TAYANGAN TELEVISI TERHADAP CAPAIAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKQ UMAIRA KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1113113029 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 BAB I.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 BAB V.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113113029 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orangtua mendampingi anak menonton tayangan televisi dengan capaian perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TKQ Umaira Kecamatan Medan Perjuangan. Penelitian ini dilakukan di TKQ Umaira Medan Perjuangan dengan sampel penelitian 75 orang anak menggunakan angket serta observasi langsung disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan pendekatan yang digunakan deskriptif kuantitatif, analisis data bersifat kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan, variabel bebas adalah peran orangtua mendampingi anak menonton tayangan televisi sedangkan variabel terikat adalah capaian perkembangan emosional anak yang telah diuji validitas dan reliabiltas dari setiap angket yang telah disebarkan.Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai capaian perkembangan emosional 57,20 dengan skor tertinggi 71 dan skor terendah 47. Sedangkan nilai rata-rata peran orangtua mendampingi anak menonton tayangan televisi 54,82 dengan nilai tertinggi 68 dan nilai terendah 44. Untuk tingkat kecenderungan data dilakukan dengan uji kecenderungan dengan menggunakan rata-rata ideal (0,25) dan standar deviasi ideal (0,5) untuk peran orangtua mendampingi anak menonton tayangan televisi dengan hasil kategori tinggi 56 orangtua (74,6%), kategori sedang 19 orangtua (25,4%), dan 0 % orangtua dikategori rendah. Sedangkan untuk capaian perkembangan emosional anak dengan hasil kategori tinggi 25 orang anak (33,3%), kategori sedang 46 orang anak (61,3 %), kategori rendah 4 orang anak (5,4%).Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran orangtua mendampingi anak menonton tayangan televisi dengan capaian perkembangan emosional anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu (3,84) > (1,666) dengan dk = n-2 =(75-2=73) ( 73 = 1,666) pada taraf α = 0.05. Dengan demikian terdapatnya hubungan yang signifikan bahwa jika peran orangtua mendampingi anak menonton televisi tinggi maka ditingkatan capaian perkembangan emosional anak pun semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: SK-2015 PAUD 001
Keywords: hubungan peran orangtua; mendampingi anak; perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8139

Actions (login required)

View Item View Item