PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BINJAI T.A. 2013/2014

Hajrianti, Wan Putri (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BINJAI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103113061 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan peneliti dilapangan adalah kemampuan berpikirkritis anak yang belum berkembang. Hal ini ditandai dengan anak yang masih terlihat kurangaktif dalam mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan yang diberikan guru.Anak cenderung menerima apa yang diberikan oleh guru dan terlihat pasif. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode eksperimenterhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Binjai.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengandesain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhanak di TK Aisyiyah Binjai yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas B1, B2 dan B3 yangberjumlah 69 orang anak. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan caramengundi menggunakan kertas, dimana saat pengambilan pertama yaitu kelas B1 sebagaikelas eksperimen dan pengambilan kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas B2. Teknikpengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, ujihomogenitas dan uji hipotesis.Hasil analisis data observasi akhir kemampuan berpikir kritis anak denganmenggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai fhitung (0,1285) < nilai ftabel (2,01) dari hasiltersebut menunjukkan bahwa kedua data bersifat homogen. Kemudian dari uji hipotesisdengan menggunakan uji-t pada taraf nyata &#945; = 0,05 diperoleh thitung12,534 sedangkan ttabel =1,6879.Berdasarkan hasil analisis data,nilai rata-rata yang diperoleh dalam penelitian padakelas eksperimen yaitu 15,68 dengan nilai tertinggi 20 dan nilai terendah 10, sehinggakemampuan berpikir kritis anak tergolong dalam kategori sangat baik, dimana sebanyak90,9% anak di kelas eksperimen tergolong dalam kategori berkembang dengan sangat baikdengan jumlah 20 anak sedangkan kategori mulai berkembang hanya 2 anak yaitu 9,09 %.Dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 9,40 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 5,sehingga kemampuan berpikir kritis anak tergolong dalam kategori mulai berkembangdengan baik. Dimana sekitar 81,48% anak dalam kategori mulai berkembang yang berjumlah22 anak dan sekitar 18,51% anak dalam kategori sudah berkembang sesuai harapan.Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakanmetode eksperimen berpengaruh sangat signifikan terhadap perkembangan kemampuanberpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Binjai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
TranslatorSudirman, 196404301985031005
Call Number: 372.5 Haj p
Keywords: Berpikir Kritis; Anak; Ekperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item