MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 060954 MARELAN T.A 2014-2015

Arsiyanti, Lila (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 060954 MARELAN T.A 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
36194 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36194 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dalam mata pelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia.Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 060954 Marelan T.A 2014-2015 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terdiri dari II siklus. Setiap tahap terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan observasi. Kriteria presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah >80%.Hasil nilai belajar siswa pada pre test sebelum dilakukannya tindakan kelas adalah 13,3% (4 orang) yang mengalami ketuntasan. Setelah dilakukannya tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Shrare pada siklus I naik menjadi 53,33% (16 orang) yang mengalami ketuntasan. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat tinggi yaitu 90% (27 orang) yang mengalami ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan materi persiapan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 060954 Marelan T.A 2014-2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707031986011001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.83 Ars m
Keywords: Hakekat Belajar;Mdel Pembelajaran Think Pair Store; Pembelajaran IPS
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item