MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SDN 060954 KEC. MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Astria, (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VB SDN 060954 KEC. MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
36181 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3618 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas VB SDN 0609545 Kec. Medan Marelan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan hubungan gaya, gerak, dan energi dengan menggunakan metode Eksperimen.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 0609545 Kec. Medan Marelan dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi IPA tentang hubungan gaya, gerak, dan energi. Alat yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi untuk siswa dan guru. Kriteria untuk menentukan peringkat dari hasil motivasi belajar siswa secara individu dengan kategori skor 80-100 tingkat motivasi belajar siswa tinggi, skor 60-79 tingkat motivasi belajar siswa sedang, dan skor 0-59 tingkat motivasi belajar rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal dilakukan hasil observasi siswa secara individu rata-rata 49,6%, saat siklus I pertemuan I hasil observasi siswa secara individu rata-rata 52,9% sedang pada siklus I pertemuan II rata-ratanya 60,7% dan pada siklus II pertemuan I rata-rata yang dicapai adalah 72,9% sedangkan pada siklus II pertemuan II rata-ratanya adalah 82,1%. Hasil observasi secara klasikal (keseluruhan) pada siklus I pertemuan I rata-ratanya 52,9% sedang pada siklus I pertemuan II rata-ratanya adalah 60,7% dan siklus II pertemuan I rata-rata 72,9% sedangkan pada siklus II pertemuan II rata-ratanya 82,1%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, siklus II pertemuan I, dan siklus II pertemuan II sudah mengalami perubahan yang signifikan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan hubungan gaya, gerak, dan energi di SDN 0609545 Kec. Medan Marelan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.35 Ast m
Keywords: motivasi belajar; metode eksperimen; pembelajaran IPA; gaya; gerak; energi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item