HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI NO. 106162 MEDAN ESTATE KEC. PERCUT SEI TUAN.

Husna, Asma’ul (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI NO. 106162 MEDAN ESTATE KEC. PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1113111005 COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1113111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1113111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1113111005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1113111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1113111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1113111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1113111005 BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1113111005 BAB V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1113111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1113111005 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di SD Negeri No. 106162 Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan.Keterampilan guru mengelola kelas menurut Usman (2010:91) merupakan kecakapan guru dalam mengelola kelas dengan dua aspek yaitu keterampilan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar dan keterampilan pengembalian kondisi belajar. Hasil belajar siswa menurut Sudjana (2009:22) adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 106162 Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan dengan populasi sebanyak 13 orang guru kelas dan sampel diambil dari keseluruhan populasi (total sampling) yaitu guru kelas I-A, I-B, I-C, II-A, II-B, III-A, III-B, IV-A, IV-B, V-A, V-B, VI-A, dan VI-B. Instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan (penjelasan skala penskoran) dan lembar pengamatan dari variabel keterampilan guru mengelola kelas, dengan menggunakan skala likert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran keterampilan guru mengelola kelas pada kriteria sedang (mean = 32.38) dan hasil belajar siswa juga pada kriteria sedang (mean = 80.76). Hasil analisis korelasi antara keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,859. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan rtabel α = 0,05 (0.602) maka korelasi cukup signifikan. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 5.55 dan dengan membandingkan kepada nilai ttabel α = 0,05 (2.20099) maka hipotesis dapat diterima, ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan guru mengelola kelas, maka semakin tinggi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 372.071 Has h
Keywords: Keterampilan Guru Mengelola Kelas, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7973

Actions (login required)

View Item View Item