MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 108306 TANJUNG GARBUS LUBUKPAKAM T.A 2014/2015

Ramadhani, Asri Maulida (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 108306 TANJUNG GARBUS LUBUKPAKAM T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 . 1113111006 COVER.pdf]
Preview
Text
1 . 1113111006 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2.  1113111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 1113111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of 3.1113111006  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3.1113111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1113111006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 1113111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 5.  1113111006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 1113111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6.  1113111006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 1113111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1113111006 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. 1113111006 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8.  1113111006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. 1113111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 9. 1113111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 1113111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 10.  1113111006 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 1113111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 14.1113111006  BAB V.pdf]
Preview
Text
14.1113111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 15.  1113111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 1113111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dimana pembelajaran bahasa Indonesia masih berpusat kepada guru, kurangnya penggunaan media, kurangnya variasi dalam pengelolaan kelas, siswa yang kurang aktif, senang mengganggu teman dan jenuh sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi cerita pendek, kelas V SD Negeri 108306 Tanjung Garbus, Kecamatan Lubukpakam Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 108306 Tanjung Garbus, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deli Serdang, T.A 2014/2015 yang berjumlah 33 siswa. Terdiri dari 18 orang siswa dan 15 orang siswi. Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran quantum learning. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara, pengamatan (observasi) dan tes.Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa dari 33 orang siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM sebesar (70) pada saat awal tindakan hanya terdiri dari 3 orang siswa (9,09%) dan 30 orang siswa (90,90%) belum tuntas dengan nilai rata-rata seluruh siswa sebesar 41,67. Lalu penelitian pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan menjadi 4 orang siswa (12,12%) tetapi 29 orang siswa (87,87%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata seluruh siswa 49,7. Kemudian pada siklus II jumlah siswa tuntas menjadi orang 29 siswa (87,87%) sedangkan 4 siswa (12,12%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata seluruhnya sebesar 79,7. Melalui penilaian pengamatan terhadap pencapaian siswa sesuai dengan indikator, pada saat dilaksanakan siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sesuai dengan indikator pencapaian siswa terdiri dari 8 siswa (24,24%) tetapi 25 siswa (75,75%) belum tuntas, lalu pada saat dilaksanakan siklus II mengalami peningkatan menjadi 29 orang siswa (87,87%) yang tuntas tetapi 4 siswa (12,12%) masih belum tuntas dengan kriteria pencapaian indikator minimal 75.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia materi cerita pendek, kelas V SD Negeri 108306 Tanjung Garbus, Kecamatan Lubukpakam Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.62 Ram m
Keywords: Quantum learning, bahasa Indonesia, cerita pendek, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 07:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item
View Item