ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104243 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014/2015.

Sinaga, Cathryn Margareth (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104243 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 1113311006 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 1113311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 1113311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 1113311006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 1113311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 1113311006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 1113311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 1113311006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 1113311006 BAB I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 1113311006 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 1113311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalai kesulitan belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa Inggris pada siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dimana menjelaskan atau memaparkan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104243 Lubuk Pakam dimana sampel penelitiannya adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket yang telah valid sebanyak 35 item. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar yang disebabkan oleh dua faktor yaitu pertama faktor internal (59,93%) dimana mencakup faktor kondisi biologis (48%) yang berarti cukup baik atau cukup menghambat siswa dalam mengikuti pelajaran, faktor psikiatrik (55,5%) berarti cukup atau cukup menghambat siswa dalam belajar, faktor inteligensi (58,33%) berarti cukup atau cukup menghambat siswa dalam belajar, faktor minat (62,2%) yang berarti cukup atau cukup menghambat siswa dalam belajar, faktor motivasi (79%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar dan kedua faktor eksternal (70%) mencakup faktor orang tua (80%) berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar, faktor guru (68,83%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar, faktor lingkungan sekolah (75%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar, faktor materi pelajaran (65,5%) yang berarti baik bagi siswa dalam belajar, faktor media pembelajaran (66,2%) yang berarti baik atau menghambat siswa dalam belajar.Dari penelitian deskripsi ini dapat disimpulkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Dimana faktor-faktor penyebabnya adalah faktor internal (faktor biologis, psikiatrik, inteligensi minat, dan motivasi) dan faktor eksternal (orangtua, guru, lingkungan sekolah, materi pelajaran, dan media pembelajaran). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa faktor internal merupakan faktor dominan yang menyebabkan menghambat siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTarigan, D195901021983031001
Call Number: 372.61 Sin a
Keywords: Belajar; jinis -jenis Teori; Kesu;itan Belajar; Bahasa Inggris di SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7938

Actions (login required)

View Item View Item