MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 034794 LAERIS KEC.SUMBUL PEGAGAN T.A 2013/2014

sihotang, Sadar (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 034794 LAERIS KEC.SUMBUL PEGAGAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 109311093 COVER (2).pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 109311093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 109311093 PREFACE.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 109311093 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 109311093 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 109311093 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 109311093 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 109311093 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 109311093 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 109311093 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat bahan dan kegunaannya kelas IV SD Negeri 034794 Laerias Kecamatan Sumbul TA 2013/2014. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah Mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelaajaran Kooperatif Tipe STAD pada pelajaran IPA pokok bahasan sifat bahan dan kegunaannya kelas IV SD Negeri 034794 Laerias Kecamatan Sumbul TA 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 034794 Laerias Kec. Sumbul Tahun Ajaran 2013/2014 semester genap, yang terletak di Jl.PLTA Renun Desa Perjuangan Kecamatan Sumbul. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang dan objek penelitian ini adalah pengaruh pengggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar IPA Matari pokok Sifat Bahan dan kegunaannya. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mendapatkan data penelitian melalui angket dan observasi.Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Stad (Student Team Achievement Division) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Terbukti dengan meningkatnya rata-rata kelas baik melalui lembar observasi maupun lembar angket. Dari hasil observasi kondisi awal rata-rata hanya 36,84% , pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 50%, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 55,26%, pada siklus II pertemuan 3 menjadi 81,57% dan pada pertemuan 4 menjadi 92,10%. Sedangkan Peningkatan motivasi skor rata-rata melalui angket sebelum pelaksanaan Siklus I 39,47 dan setelah pelaksanaan Siklus II menjadi 92,10%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat, sehingga kelas V SD Negeri 034794 Laaerias telah termotivasi dalam belajar IPA Materi Pokok Sifat Bahan Dan kegunaannya. Disarankan kepada guru agar mengunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGinting, Masta198103 2 001
Call Number: 372.35 Sin m
Keywords: Motivasi belajar; Student achievement division; Model pembelajaran; IPA; Materi pelajaran sifat nahan dan kegunaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7925

Actions (login required)

View Item View Item