PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SDN 105288 SEI ROTAN T.A 2013/2014

Yolanda, Merry Anggraini (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SDN 105288 SEI ROTAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311055 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 TABLES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 GRAFIK.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada pokok bahasan globalisasi di kelas IV SD Negeri 105288 Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105288 Sei Rotan yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Dilakukan dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes. Tes yang diberikan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan ganda. Soal yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pre test, Siklus I dan Siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pre test sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 40 orang siswa 6 orang siswa (15%) telah mencapai standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 40.17 dan 34 orang siswa (85%) yang belum tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67.67, dengan tingkat belajar siswa dari 40 orang siswa sebanyak 24 orang siswa (60%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 16 orang siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84.83 dengan tingkat belajar siswa sebanyak 36 orang siswa (90%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 orang siswa (10%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dan pada hasil observasi guru pada siklus I mencapai 69.11 yang masih tergolong rendah serta observasi siswa dalam hal afektif dan psikomotor pada siklus I tergolong rendah yaitu 66.14. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan dalam observasi guru mencapai 89.70 serta observasi siswa dalam hal afektif dan psikomotor mencapai 83.01, sehingga secara klasikal kelas tersebut dinyatakan telah tuntas belajar karena telah memenuhi standar minimal 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan secara individual.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok globalisasi di kelas IV SD Negeri 105288 Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014. Guru disarankan dalam pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.832 Yol p
Keywords: Pengertian Belajar; Pengertian Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Model Time Token; Pembelajaran PKN; Globalisasi; SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item View Item