MENINGKATKAN SIKAP JUJUR MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN AJARAN 2013/2014

Sari, Dwi Putri (2014) MENINGKATKAN SIKAP JUJUR MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103151018 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sikap jujur dapat ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap jujur melalui pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Selesai tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan jenis PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang yang ditentukan melalui instrument, terdiri dari 7 orang yang tidak dapat bersikap jujur dan 3 orang yang cukup dapat bersikap jujur. Penggunaan teknik analisis data deskriptif kualitatif.Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis skor angket, laiseg, laijapen, lembar evaluasi dan lembar observasi yang digunakan selama proses bimbingan kelompok berlangung. Setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan sikap jujur siswa menjadi 50 %. Setelah tindakan siklus II peningkatan juga terjadi menjadi 80 %.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap jujur siswa, sehingga hipotesis yang berbunyi “Layanan Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Sikap Jujur Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2013/2014” dapat diterima. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok sebagai alternative yang tepat dalam menangani permasalahan siswa khusunya meningkatkan sikap jujur pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul19590324 198601 1 001
Call Number: 371.404 7 Sar m
Keywords: Sikap Jujur; Bimbingan Kelompok; Peranan Pimpinan; Anggota Dalam BKP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7854

Actions (login required)

View Item View Item