UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI TK SALSA TAHUN AJARAN 2013/2014

Asnaini, (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI TK SALSA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109098002 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098002 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui kegiatan menyebutkan lambang bilangan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode demonstrasi dengan kegiatan menyebutkan lambang bilangan dan mencocokkan lambang bilangan dengan kegiatan ini peneliti mengiginkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5- 6 tahun di Tk Salsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(ptk) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan.Subjek penelitian ini adalah anak kelas B2 Tk Salsa yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti. Metode yang gunakandalam penelitian ini yakni metode demonstrasi metode yang memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan melihat dan mendengarkan yang diikuti dengan meniru pekerjaan yang didemonstrasikan. Hasil dari penelitian kemampuan kognitif anak pada siklus I dan siklus II terdapat 1 orang anak (5%) tergolong baik, 11 orang anak (55%) dan terdapat 8 orang anak (40%) tergolong kurang dan pada pertemuan ke 2 terdapat 1 orang anak (5%0 tergolong baik, 17 orang anak (85%) tergolong cukup dan terdapat 2 orang anak (10%) tergolong kurang. Hal ini menunjukan bahwasanya hasil belum mencapai kreteria keberhasilan sehingga perlu di lakukan perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil siklus II dilakukan perbaikan tindakan pembelajatan menyebutkan lambang bilangan dan mencocokkan lambang bilangan dengan cara mengikut sertakan anak dalam kegiatan mendemonstrasikan kegiatan yang di lakukan. Hal ini di lakukan untuk membuat anak tertarik dalam kegiatan yang akan di lakukan Kemudian pada siklus II pertemuan 1 sebanyak 16 orang anak 80%) tergolong baik , dan 4 orang anak ( 20%) tergolong cukup. Pada pertemuan 2 terdapat 12 orang anak (60%) tergolong sangat baik dan 8 orang anak (40%) tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menyebutkan lambang bilangan dan mencocokkan lambang bilangan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Oleh karena itu, kegiatan menyebutkan lambang bilangan dan mencocokkan lambang bilangan menggunakan metode demonstrasi dapat di terapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelas B TK Salsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 1970012011997022001
Call Number: 374.22 Asn u
Keywords: Kemampuan Kognitif; Anak Usia Dini; Hereditas; Metode Demonstrasi; Mind & Bakat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item View Item