UPAYA MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A MELALUI MENDONGENG DI TK PELANGI BHAYANGKARA MEDAN T.A 2013/ 2014

Selamah, Umi (2014) UPAYA MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A MELALUI MENDONGENG DI TK PELANGI BHAYANGKARA MEDAN T.A 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109098041 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109098041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dikelompok A TK Pelangi Medan yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan tahun ajaran 2013/2014. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dua siklus,Hasil penelitian istilah menggunakan mendongeng sebanyak 2 kali pertemuan, pada pada pertemuan I dari 20 anak yan memiliki motivasi tidak ada anak yang tergolong sangat baik,tidak ada anak yang tergolong baik,18 anak (90%) yang tergolong cukup dan 2 anak (10%) yang tergolong kurang.sedangkan pada pertemuan 2 dari tidak ada anak yang tergolong sangat baik,tidak ada anak yang tergolong baik,20 anak (100%) yang tergolong cukup dan tidak ada anak yang tergolong kurang.Sehingga dapat dilanjutkan pada Siklus II dilakukan 2 kali pertemuan yang dilakukan peneliti dengan memperbaiki kesulitan yan dihadapi anak untuk meningkatkan motivasi belajar anak dengan maksimal.Pada Siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang signifikan, pada pertemuan I ada 2 anak (10%) yang tergolong sangat baik,ada 17 anak (85%) tergolong baik,ada 1 anak (5%) yang tergolong cukup dan tidak ada anak yang tergolong kurang sedangkan pada pertemuan 2 ada 12 anak (60%) yang tergolong sangat baik,8 (0%) yang tergolong kurang.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui mendongeng dapat meningkatkan motivasi belajar anak.Oleh karena itu dengan melalui mendongeng dapat dapat diterapkan pada pembelajaran salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: 374.83 Sel u
Keywords: Motivasi Belajar; Mendongeng; Kemandirian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item View Item