PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SUB POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 200407 HUTAPADANG T.A 2013/ 2014

Siregar, Sri Wahyuni (2014) PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SUB POKOK BAHASAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 200407 HUTAPADANG T.A 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1101111023 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam Penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains karena disebabkan oleh beberapa faktor dalam diri siswa terutama kemampuan siswa dan faktor guru terutama kemampuan guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sains siswa melalui pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekolah pada sub materi pokok bahasan proses pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 200407 Hutapadang T.A 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD, yang berjumlah 21 orang terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes pilihan ganda dengan jumlah 20 soal dan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian dimulai tes awal diperoleh nilai- nilai rata- rata hasil tes awal adalah 58,1, siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase ketuntasan 33,3% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang dengan persentase tidak tuntasnya 66,7%. Nilai rata- rata pada siklus I diperoleh70,2, siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase ketuntasan 57,1% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase tidak tuntasnya 42,9%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II diperoleh sebesar 83,3, siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase ketuntasan 85,71% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase tidak tuntasnya 14,28%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains sub pokok bahasan proses pembentukan tanah bagi kelas V-A SD Negeri 200407 Hutapadang T.A 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIrsan, 196103231987031001
Call Number: 372.357 Sir p
Keywords: Pemanfaatan Sumber Daya Alam; Hasil Belajar; Penelitian Tindakan Kelas; Kurikulum Sains; Pembentukan Tanah; Lingkungan; Sumber Daya Alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7697

Actions (login required)

View Item View Item