PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI

Aruan, Debbie Gustrini (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103111012 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 DIAGRAM LIST.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 LETTER OF SCHOOL.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 RESEARCH LETTER.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 PEFERENCES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang tekun menghadapi tugas, siswa tidak ulet menghadapi kesulitan dalam pembelajaran matematika, siswa kurang senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal matematika, guru masih cenderung menggunakan model pembelajaran Konvensional yang kurang memotivasi siswa, dan guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 101774 Sampali.Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 101774 Sampali Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Observasi yang dilakukan berupa kegiatan pengumpulan data terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dan penyajian pembelajaran yang dilakukan oleh guru.Hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I–II menunjukkan peningkatan pada motivasi belajar siswa dan tingkat keberhasilan mengajar guru. Siklus I pertemuan I presentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 9,37% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 61,11% yang tergolong tidak berhasil. Pada siklus I pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 31,25%,dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 72,22% yang tergolong tidak berhasil. Pada siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I, yaitu pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 65,62% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 84,72% dan telah tergolong berhasil. Pada siklus II pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 100% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 87,50%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Negeri 101774 Sampali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.92 Aru p
Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran; JIGSAW; Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7645

Actions (login required)

View Item View Item