MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DI KELAS V SDN 104607 SEI ROTAN T.A 2014/2015

Andini, Riska (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DI KELAS V SDN 104607 SEI ROTAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103111056 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi Membaca Puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model CIRC pada materi pokok membaca puisi di kelas V SDN 104607 Sei Rotan T.A 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 104607 Sei Rotan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 40 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2014/2015. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pokok bahasan membaca puisi, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC bahwa pada kondisi awal atau sebelum melakukan tindakan terdapat 8 siswa yang aktif (20% ) dari 40 siswa yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 32 orang atau 80% yang mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata 50,50. Kemudian dilakukan siklus I dengan menggunakan model CIRC. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa meningkat dari sebelumnya, yaitu 17 orang siswa mendapat nilai tuntas atau 42,5 % sedangkan 23 orang siswa lainnya tidak tuntas atau 57,5% dengan nilai rata-rata 60,50. Hal ini jelas meningkat 22,5% dari hasil tes awal yang dilakukan sebelumnya. Kemudian dilakukan siklus II, dari hasil siklus II diperoleh hasil, yaitu 34 orang siswa yang mendapat nilai tuntas atau 85% sedangkan 6 orang lainnya atau 15% tidak mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 76,50%. Persentase ketuntasan meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 42,5% dengan kriteria belajar sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 104607 Sei Rotan T.A 2014/2015.Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran CIRC pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 104607 Sei Rotan T.A 2014/2015, khususnya materi pokok membaca puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-Karo, Demmu195810071985011001
Call Number: 372.4 And m
Keywords: Pengertian Belajar; Hasil Belajar; Model CIRC; Komponen Pembelajaran CIRC; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Membaca Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7594

Actions (login required)

View Item View Item