PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS TA. 2013/2014

Hutagalung, Linda RL. (2014) PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS TA. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103111038 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan guru di kelas V SD Negeri 101777 Saentis, bagaimana motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh positip dan signifikan kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 41 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2013/2014. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan pengisian angket oleh siswa dengan membuat daftar pertanyaan yang sesuai dengan variabel yang ditelit. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif,analisis korelatif, dan uji keberartian korelatif untuk melihat apakah ada pengaruh kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa. Sebelum menyebarkan angket ke tempat penelitian dilakukan dahulu uji coba instrument ke sekolah lain untuk menguji apakah angket yang disebarkan valid dan juga realibel. Maka dilakukanlah uji validitas angket dan juga uji realibilitas angket.Analisis data dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa dimana rxy> rtabel yaitu 0,614 .> 0,316 dan nilai thitung > t tabel yaitu 4,77 > 2,68. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya pada taraf α = 0,05. Sebelum melakukan teknik analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni dengan uji normalitas dan uji linieritas yang dapat diperoleh hasilnya kedua variabel berdistribusi normal (kepemimpinan guru memiliki nilai 0,2 dengan taraf α = 0,05 dan juga motivasi belajar memiliki nilai 0,06 dengan taraf α = 0,05) dan memiliki model regresi linier (F tuna cocok sebesar 0,349 dengan signifikan 1,288 ( di atas 0,05). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan dilakukan berbagai uji persyaratan analisis data terbukti bahwa kepemimpinan guru memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Wildansyah195811111986011001
Call Number: 372.068 Hut p
Keywords: Kepemimpinan Guru; Kendali Bebas; Gaya Kepemimpinan; Motivasi Belajar; Peran dan Sifat; Proses Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7561

Actions (login required)

View Item View Item